Prodi S3 TP Unesa Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi di Nganjuk - Telusur

Prodi S3 TP Unesa Latih Guru Menulis Artikel Jurnal Nasional Terakreditasi di Nganjuk

Proses pelatihan secara luring di Nganjuk

telusur.co.id - Untuk meningkatkan pemahaman dalam menulis artikel jurnal, keterampilan dalam menulis artikel jurnal, dan keterampilan dalam melakukan unggah artikel jurnal. Prodi S3 Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana Unesa melatih guru menulis artikel jurnal nasional terakreditasi di Kab. Nganjuk.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dalam satu rangkaian perpanjangan penandatangan kerjasama antara Universitas Negeri Surabaya  (Unesa) dengan Pemkab Nganjuk. 

Dalam mendukung implementasi Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka, UNESA terus perluas jaringan kerjasama dengan berbagai stakeholder, salah satunya yakni dengan Pemerintah Kabupaten Nganjuk. 

Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa, Prof Bambang Yulianto mengungkapkan bahwa, pelaksanaan kerjasama itu sebagai langkah optimalisasi penerapan MBKM sehingga mahasiswa makin leluasa mengembangkan diri dan meningkatkan keterampilan serta kompetensi baik di dalam kampus maupun di luar kampus. 

“Implementasinya nanti bisa dalam bentuk KKN tematik, asistensi mengajar dan program lainnya," tegas Bambang pada keterangan tertulisnya. Sabtu, (23/10/2021).

Sebelumnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya. Tahun ini terdapat 31 kelompok PKM dengan melibatkan 139 dosen dan guru besar di berbagai bidang keahlian yang dalam pelaksanaan programnya diikuti oleh 620 guru dari tingkat TK hingga SMA. Salah satu kelompok ini adalah PKM Program Studi S3 Teknologi Pendidikan. 

Kegiatan itu dikuti oleh guru-guru Sekolah Dasar (SD) kegiatan pelatihan secara luring dan daring yang dalam PKM ini disebut dengan blended training. 

Metode pelaksanaan blended training ini meliputi 5 tahapan, yakni (1) analisis kebutuhan pelatihan, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi.  

Pada tahap analisis dilakukan Tim PKM melakukan mengadakan studi awal ke Dinas Pendidikan kabupaten Nganjuk dengan melakukan wawancara, Focus Group Discusson (FGD) dengan Dinas Pendidikan dan para guru, kepala sekolah, pengawas, dan Ketua PGRI bertempat di kantor Dinas Pendidikan.  

Tahap implementasi pelatihan dilakukan secara tahap muka dan maya pada (Sabtu, 02/10) membahas tentang Orientasi dan penyajian masalah artikel jurnal nasional terakreditasi serta PAK serta konsep, prinsip, dan prosedur menulis artikel jurnal nasional terakreditasi. 

Kemudian pada Sabtu, (09/10) secara daring,  secara sinkronous membahas tentang Sistematika, dan Tata tulis dan Bahasa artikel jurnal nasional terakreditasi dilanjutkan penugasan menyusun draf artikel.  

Pada hari Sabtu, (16/10) secara daring membahas tentang review draf publikasi ilmiah bentuk artikel jurnal nasional terakreditasi tahap 1. 

Selanjutnya, pada Sabtu, (23/10), secara daring review draf publikasi ilmiah bentuk artikel jurnal nasional terakreditasi tahap 2 dan evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Untuk memonitor produk artikel dilakukan secara asyncronius dengan google classroom. 

Narasumber kegiatan PKM ini ada 3 dosen Program Studi S3 Teknologi Pendidikan Unesa, yakni Prof Rusijono, Bactiar S. Bachri, dan Prof Mustaji. Serta Ketua Unit Penjaminan Mutu, Citra Fitri Cholida. 

Blended training ini telah menghasilkan sejumlah artikel jurnal yang siap dikirim ke pengelola jurnal nasional terakreditasi, antara dengan judul, “Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Tematik Kelas III Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning” oleh Liring Puspita. 

Selanjutnya, “Pengaruh Metode Pembelajaran Non-Directive Didukung Media Benda Nyata Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV SDN Bawang Kota Kediri” oleh Afifah Sofhi. 

Kemudian, “Efektivitas Pembelajaran Magematika di Kelas Tinggi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Kauman” oleh Titis Wahyu Utami. 

Terakhir, “Analisis Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar  Kecamatan Gondang” oleh Nurul Istiqomah, Mustaji, dan lain-lain. (ari)


Tinggalkan Komentar