telusur.co.idPerluas jangkauan promosi wisata Singapura di Indonesia melalui kolaborasi dengan Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) dan Petra Christian University (PCU)

Singapore Tourism Board (STB) terus berupaya mempertahankan momentum positif pertumbuhan industri pariwisata Singapura pasca pandemi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menjalin kerjasama strategis dengan berbagai mitra di Indonesia, seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) dan Petra Christian University (PCU). 

Kerjasama ini bertujuan untuk memperdalam keterlibatan STB dengan para stakeholder utama di kota-kota besar di seluruh Indonesia dan menegaskan upaya STB untuk memperkuat daya Tarik Singapura sebagai tujuan destinasi wisata. Penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) dengan ASTINDO dan Petra Christian University dilakukan pada tanggal 12 April 2023.

Kemitraan Strategis

STB yakin bahwa, kolaborasi dengan mitra strategis di Indonesia akan memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi wisata yang dinamis bagi wisatawan Indonesia. 

Executive Director Singapore Tourism Board South East Asia, John Gregory Conceicao mengatakan, “Kemitraan strategis ini bertujuan untuk memperluas jangkauan STB dalam mengeksplorasi potensi pasar Indonesia dan menunjukkan inisiatif STB dalam mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan penerimaan pariwisata di Singapura,” jelasnya pada buka puasa bersama STB di JW Marriott Hotel Surabaya. Rabu, (12/4/2023).

Lebih lanjut John mengatakan bahwa, “STB telah aktif terlibat dalam kemitraan dan inisiatif strategis dengan para pemangku kepentingan di kota-kota besar di Indonesia dan akan terus memperluas jangkauannya dengan strategi yang berfokus pada pemanfaatan momentum pasar pariwisata Indonesia yang berkembang,” sambungnya.

Ketua Umum ASTINDO, Pauline Suharno menyampaikan, “Kami dengan bangga bekerjasama dengan Singapore Tourism Board dan akan memanfaatkan kekuatan ASTINDO sebagai asosiasi agen perjalanan terdepan di Indonesia untuk lebih berkontribusi secara positif kepada perjalanan luar negeri terutama dari kota-kota besar lainnya di Indonesia ke Singapura,” urainya.

Dari sektor pendidikan, Singapore Tourism Board juga menanamkan Singapura sebagai destinasi pendidikan dan wisata melalui kolaborasi dengan Petra Christian University. Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., (Rektor Petra Christian University) menyampaikan, “Dengan hangat kami menyambut kerjasama dengan Singapore Tourism Board dan berharap dapat memperlihatkan beragam penawaran di Singapura baik dari sisi pendidikan maupun pariwisata kepada mahasiswa/mahasiswi dari Petra Christian University, untuk memperkuat Singapura sebagai tujuan wisata bagi wisatawan generasi selanjutnya,” tandasnya.

Menghidupkan Kembali Singapura

STB terus berupaya untuk meningkatkan daya tarik Singapura sebagai destinasi wisata dengan mendukung pengembangan produk dan pengalaman baru. Salah satu contohnya adalah Bird Paradise di Mandai Wildlife Reserve yang akan diluncurkan secara soft opening pada tanggal 8 Mei 2023. 

Pengunjung akan dapat menikmati pengalaman menarik, termasuk bertemu dengan burung-burung langka dari berbagai belahan dunia. Bird Paradise terletak di kawasan Mandai Wildlife Reserve yang juga merupakan rumah bagi Night Safari, River Wonders dan Singapore Zoo. 

Di antara sorotan di Bird Paradise ini adalah delapan aviari yang dapat dilalui dengan berjalan kaki, di mana masing-masing mencerminkan habitat berbeda di dunia, dan hidup dengan warna, vokalisasi, dan perilaku alami dari banyak spesies burung, termasuk beberapa spesies yang hampir punah. 

Dengan fokus yang kuat pada konservasi dan pendidikan, Bird Paradise juga akan membawa pengunjung melalui pusat-pusat transisi yang menghubungkan berbagai habitat di mana mereka dapat belajar tentang dunia unggas yang unik.

Chief Sales & Marketing Officer, Mandai Wildlife Group, Jean Choi mengatakan, “Awal tahun ini, kami mengucapkan selamat tinggal kepada Jurong Bird Park setelah lebih dari 50 tahun beroperasi dan kami sangat senang akhirnya membuka pintu bagi Bird Paradise. Sejumlah pengembangan baru juga sedang berlangsung di Mandai Wildlife Reserve, memberi pengunjung berbagai pengalaman bertema satwa liar dan alam untuk dinikmati di destinasi wisata ini,” ucapnya.

Selain itu, Singapura memiliki atraksi terkini lainnya seperti Peranakan Museum yang baru saja diremajakan, serta yang akan datang seperti fasilitas olahraga terpadu Trifecta, Sentosa Sensoryscape, dan Kapal Pesiar Disney yang akan mulai berlayar dari Singapura di tahun 2025.

Pengunjung juga dapat menikmati kalender acara liburan dan MICE yang penuh warna tiap tahunnya. Di antaranya adalah Van Gogh: The Immersive Experience di Resorts World Sentosa (1 Maret-1 Oktober 2023), Wellness Festival Singapore (17 Juni-9 Juli 2023), Singapore Food Festival (19-30 Juli 2023), Grand Prix Season Singapore (8-17 September 2023), dan banyak lagi. 

Selain itu, Singapura menjadi tuan rumah beberapa acara MICE Internasional, seperti Asia Tech Singapore (6-9 Juni 2023), FIND - Design Fair Asia 2023 (21-23 September 2023), dan Singapore Fintech Festival (15-17 November 2023).

Untuk memberikan pengalaman wisata yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, STB telah memperkuat komitmennya dalam membangun destinasi yang berkelanjutan. 

Pada Februari 2023 lalu, Singapura telah disertifikasi sebagai destinasi berkelanjutan berdasarkan kriteria destinasi Global Sustainable Tourism Council (GSTC) setelah menjadi negara pertama yang menerapkan proses sertifikasi di tingkat nasional. Singapura dipandu oleh Singapore Green Plan 2030, dalam perjalanannya sebagai City in Nature (Kota di Alam), di mana pengalaman pengalaman besar datang dengan jejak yang kecil.

Mendekatkan Diri dengan Konsumen

Untuk menarik wisatawan berlibur di Singapura, STB telah meluncurkan program Singapore Rewards yang memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mendapatkan aktivitas gratis di Singapura. 

Program ini berlangsung sejak 7 Maret 2023 hingga akhir tahun. Dengan adanya program tersebut, diharapkan para wisatawan Indonesia dapat memaksimalkan kunjungannya dengan menjelajahi berbagai pengalaman baru dan belum banyak diketahui di Singapura. Daftar lengkap aktivitas dapat dilihat di sini.

Dengan lanskap digital yang berkembang serta kebutuhan akan penyajian hiburan, STB bersama Infocomm Media Development Authority (IMDA) meluncurkan Singapore On-Screen Fund senilai SGD$10 juta guna memberikan inspirasi wisata ke Singapura melalui serial TV dan film. Dana tersebut memberikan kesempatan bagi pemain di bidang media dan hiburan dengan jangkauan global, untuk melakukan produksi yang menampilkan destinasi Singapura.

Seiring dengan kondisi pariwisata yang membaik pasca pandemi, STB juga berencana untuk menghidupkan kembali kampanye brand Passion Made Possible untuk menggantikan kampanye Singapo Reimagine yang diluncurkan pada fase pemulihan. 

Kampanye yang disegarkan tersebut bertujuan untuk menginspirasi perjalanan wisatawan Indonesia dengan menunjukkan bagaimana Singapura dapat mengubah momen-momen biasa menjadi pengalaman luar biasa. (ari)