telusur.co.id - PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya secara resmi menggelar Grand Opening Klinik Pratama Pegadaian Permata, berlokasi di Jl. Dinoyo No. 79, Kel. Keputran, Kec. Tegalsari, Kota Surabaya.

Grand Opening Klinik Pegadaian Permata di Surabaya kali ini turut dihadiri Perwakilan dari divisi OHC PT Pegadaian Pusat, Moli Sitompul, Pimpinan wilayah PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, Moh. Ariyadi Purwanto, Ketua Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata (YKPP), Nuril Islamiah, Medical Manager medical Pegadaian, dr. Syaiful Arifin, Occupational Health Manager dr. Carissa Putri Irnanda, MARS. yang juga sekaligus Dokter penanggung jawab Klinik Pratama Pegadaian Permata Surabaya, Perwakilan Dinkes Surabaya, dr. Murti yang juga selaku Puskesmas Dr. Soetomo, Kapolsek Tegalsari, beserta tamu undangan dari relasi anak perusahaan PT Pegadaian, PT POJ, PT PIJ, PT EPS, G24, dan The Gade.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata (YKPP), Nuril Islamiah menjelaskan, Klinik Pratama Pegadaian Permata ini merupakan salah satu implementasi bidang kesehatan bagian dari Yayasan Kesejahteraan Pegadaian Permata.

“YKPP ini merupakan yayasan yang bergerak pada kesejahteraan dan kesehatan, maka harus punya klinik, salah satunya di sini. Kita grand opening hari ini, kita jalankan secara operasional dengan matang, di sini juga sudah ada manager dan kepala klinik,” ucap Nuril saat diwawancarai awak media di sela-sela kegiatan. Rabu, (06/3/2024).

Intinya fungsi Pegadaian cuman dua, lanjut Nuril, pertama cari duit berupa kinerja, tahun kemarin Pegadaian berhasil mengumpulkan pertumbuhan laba hampir Rp 4 triliun lebih. Kedua fungsi sosial kepada masyarakat, termasuk melalui Klinik Pratama dari segi bidang kesehatan.

“Pegadaian juga mencari nama baik, memastikan kita hadir di tengah-tengah masyarakat, meningkatkan citra kita, dan soal Klinik Pratama, bidang kesehatan ini punya Pegadaian, tentang operasional, nanti bisa dijelaskan manager,” tambahnya.

Target Klinik Pratama, Nuril berharap, tahun ini dan ke depannya, ada semua klinik di tiap Kanwil. Pihaknya sudah membicarakan dengan semua Direksi, dan dapat ‘lampu hijau’ dari pimpinan. Maka tahun ini dan ke depannya, bisa terwujud sesuai arahan bersama dari pimpinan. 

“Ke depan, cita-cita saya, klinik ini menjadi rumah sakit, lihat perkembangan yang ada, dan kesiapan kami, dokter sudah siap bergerak di kesehatan, banyak hal kita siapkan, kita paralelkan hadir terlebih dahulu di tengah-tengah masyarakat di kota Surabaya, ada faskes berupa klinik milik Pegadaian,” tuturnya. 

Pada kesempatan yang sama, Medical Manager Klinik Pratama Pegadaian Permata, dr. Syaiful Arifin menegaskan, sebelumnya Klinik Pratama sudah melakukan Soft Opening beberapa waktu lalu. Kali ini melakukan Grand Opening, berkat respon internal pegawai Pegadaian dinilai bagus.

“Dengan grand opening ini, kita melakukan bersama masyarakat, tidak hanya fokus pada bisnis, tapi juga sosial. Kegiatan sosial sudah kita lakukan, itu pun sesuai arahan Yayasan. Banyak program sosial yang sudah kita jalankan, seperti sunat massal, pengobatan gratis pada anak dan lansia, InsyaAllah tiap tahun terus kita lakukan,” tegas dr. Arifin.

Untuk pasien BPJS, kata dokter Arifin, Klinik Pratama Pegadaian Permata tetap melayani, baik yang asuransi maupun umum. 

Senada dengan dr. Arifin, Occupational Healt Manager Klinik Pratama Pegadaian Permata Surabaya dan se-Jatim, dr. Carissa Putri Irnanda, MARS. mengungkapkan, klinik tersebut waktu operasinal dibuka pada hari Senin-Jumat, dari pukul 08.00-17.00 WIB.

“Tapi kalau ada keadaan emergency, apapun kita bisa tetap terima, kita ada WhatsApp yang bisa dihubungi kapan pun, kalau misalnya butuh emergency. Kita nanti juga ada ambulance, ambulance itu juga bisa untuk emergency, sebenarnya, ya kapan saja bisa menghubungi. Kami 24 jam. Klinik Pratama Pegadaian Permata ini ada tiga dokter umum, satu dokter gigi, ada dua perawat dan bagian administrasi,” papar Carissa.

Terakhir, mengenai IGD, UGD, kata dr. Carissa, penanganan awal pada faskes pertama, misal faskes Klinik Pratama Pegadaian Permata dibutuhkan pelayanan lebih advance, pihaknya juga akan membantu merujukkan ke rumah sakit. 

Perlu diketahui, YKPP juga melaksanakan kegiatan bakti sosial seperti Vaksinasi influence kepada 100 orang pegawai PT Pegadaian Kanwil XII Surabaya, pemeriksaan gratis untuk 100 orang masyarakat umum seperti konsultasi dokter, tekanan darah, pemeriksaaan asam urat, kolesterol dan gula darah, dan menggelar seminar kesehatan. (ari)