Inovasi Pelayanan Berbasis Web di Dispendukcapil Sidoarjo (Plavon Dukcapil) - Telusur

Inovasi Pelayanan Berbasis Web di Dispendukcapil Sidoarjo (Plavon Dukcapil)


Oleh : Novia Megasari

Plavon Dukcapil adalah Pelayanan Via Online Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang merupakan salah satu inovasi pelayananan yang dikembangkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil berbasis internet (web) guna semakin mempermudah dan mempercepat proses pelayanan bidang administrasi kependudukan, baik pendaftaran penduduk maupun pencatatan sipil yang dapat dapat dilakukan secara mendiri maupun melelui petugas pelayanan.

Pelayanan yang berbasis web yang diluncurkan dukcapil sidoarjo, yang mana secara pengurusan bisa dilakukan secara mandiri dan tidak perlu datang ke kantor tersebut, sistem pelayanan ini dilaunching tanggal 06 April 2021.

Pembangunan aplikasi plavon berbasis web bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengurus dokumen administrasi kependudukannya, baik secara mandiri maupun melalui petugas pelayanan di semua titik pelayanan, termasuk melalui petugas registrasi Adminduk. 

Operator yang sudah terdaftar dapat mengajukan layanan seperti : KTP, KIA, akta kelahiran, akta kematian, kartu keluarga dan dokumen kependudukan lainnya ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil secara online. Tidak hanya itu, inovasi Plavon Dukcapil ini juga mempermudah masyarakat untuk tidak datang ke kantor Dispenduk Capil Sidoarjo.

Inovasi Plavon Dukcapil ini dimudahkan apabila masyarakat tidak bisa mengakses aplikasi ini, maka masyarakat bisa datang ke Kantor Desa masing masing di wilayah Kabupaten Sidoarjo. 

Misalnya pelayanan Plavon Dukcapil di Desa Watutulis Kecamatan Prambon Kabupaten Sidoarjo. Semenjak dilaunching tanggal 06 April 2021, desa masing-masing di wilayah kabupaten Sidoarjo sudah menerapkan Aplikasi yang berbasis web ini.  

Bahkan dari pihak Pemerintah Desa masing-masing di wilayah Kabupaten Sidoarjo sudah mensosialisaikan kepada masyarakatnya. Dan masyarakat sudah bisa mengakses aplikasi berbasis web ini dan merasa terbantukan. 

*Penulis adalah Mahasiswa Prodi Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida).

 


Tinggalkan Komentar