Bekali Anak di Era Disrupsi, SMP Muhammadiyah 17 Surabaya Gelar Webinar Parenting - Telusur

Bekali Anak di Era Disrupsi, SMP Muhammadiyah 17 Surabaya Gelar Webinar Parenting

Tangkapan layar webinar parenting “Membersamai Anak Menuju Kesuksesan” SMP Muhammadiyah 17 Surabaya via Zoom

telusur.co.id - Adanya pandemi Covid-19 ini belum berakhir, banyak orangtua tidak bekerja, anak harus bersekolah dari rumah, dan gelisah dengan keuangan keluarga yaitu sebagian penyebab keterangan dan stress. 

Selain itu, peran orangtua bukan hal yang mudah. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, banyak mengalami terjadi perubahan drastis dalam banyak aspek. 

Oleh karena itu, sekolah SMP Muhammadiyah 17 Surabaya mengadakan kegiatan Webinar Parenting dengan bertajuk “Membersamai Anak Menuju Kesuksesan”. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu (17/7/2021), pukul 19.00 WIB-selesai via Zoom Meeting.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber sesuai bidang ahlinya yaitu, Najib Sulhan (Penulis Literasi Pendidikan) dan Guru Berprestasi Nasional, dengan didampingi oleh Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 17 Surabaya, Hidayat.

Najib Sulhan mengatakan bahwa, orangtua harus mengenali anaknya empat hal ini. Karena dengan empat hal ini sangat memiliki pengaruh terhadap perkembangan anak apalagi di era revolusi indutsri 4.0 ini. Nah, empat hal tersebut di antaranya adalah kenali perkembangan anak, kenali potensi setiap anak, memiliki pandangan yang positif, dan ridho terhadap anak.

“Perkembangan zaman semakin berubah dan semakin ketat. Saat ini kita berada di zaman era Revolusi Industri 4.0 semakin canggih dan cepat. Manusia tidak bisa lepas dari zaman sekarang ini yang semakin melekat dan persaingan semakin ketat,” lugasnya.

Di samping itu, Najib menegaskan bahwa, kita sebagai orangtua memahami perkembangan zaman sekarang ini yang di mana saat ini kita berada di era disrupsi.  

“Era disrupsi tidak lepas dari gangguan/kekacauan yang mengalami perubahan besar dan mendasar. Dengan itulah kita, perlu adanya inovasi yang mengganti sistem dengan menggunkan digital IT.  

Selain itu, anak-anak kita harus mengetahui kompetensi yang dimilik dalam dirinya dengan memiliki karakter baik agar mampu bersaing di era disrupsi,” tegasnya. 

“Ada tiga hal yang harus kita bersinergi untuk menyukseskan anak yang menjadi berkarakter dan bersaing di era disrupsi ini. Salah satunya yang harus kita sinergi adalah keluarga yang sebagai figur, sekolah, dan masyarakat. Tiga hal ini kita dilakukan maka anak-anak kita akan maju dan sukses,” pungkasnya. 

Najib menjelaskan, dalam surat Al Imron ayat 35 dan 37 mengenai membawa anak menjadi seorang sukses dan berkarakter. Dalam surat ini menjelaskan beberapa hal yang harus kita perhatikan adalah bernadzar dengan Allah SWT, memiliki berpikir positif, memberi nama baik, minta diproteksi, guru yang mengawasi, dan antisipasi ujian. (yat/ari)


Tinggalkan Komentar